[Summary #5] IT for KM in The Management Consulting Industry
Halohaaaa!
Pada pekan tugas ke-5 kali ini, mahasiswa diberi kata kunci "Knowledge Management in Service Industry" dan saya menemukan artikel yang cukup menarik yaitu artikel berdujul IT for KM in The Management Consulting Industry yang dipublikasikan pada Journal of Knowledge Management, Vol. 11, No. 3, 2007, pp. 145-155. Saya sertakan juga tautan bila teman-teman tertarik mempelajarinya lebih dalam, klik ini sajaaa!
Tujuan
makalah ini adalah untuk menguji komponen dasar teknologi informasi (TI) yang
mendukung berbagai model knowledge management (KM). Penelitian empiris ini dilakukan di industri
konsultasi manajemen untuk meneliti hubungan penting yang antara TI dan KM. Berdasarkan penelitian sebelumnya, empat model
pengetahuan dikembangkan untuk industri konsultasi manajemen berdasarkan tipe
pengetahuan dan jenis layanan. Data yang dikumpulkan melalui sebuah survei dari
115 perusahaan konsultasi manajemen di Amerika Serikat dan Kanada, dianalisis. Terlepas dari jenis model KM yang digunakan, TI
yang paling banyak digunakan oleh perusahaan konsultasi manajemen adalah
teknologi yang berhubungan dengan internet (e-mail, internet, dan mesin
pencari). Komponen kedua TI yang penting adalah teknologi pengelolaan data
(manajemen dokumen, pergudangan data, data mining, gudang pengetahuan, dan
manajemen database). Komponen ketiga TI yang penting adalah mengkolaborasikan
teknologi (konferensi video, manajemen alur kerja, groupware, sistem pendukung
keputusan kelompok, dan peta pengetahuan). TI yang
paling penting adalah kecerdasan buatan (sistem pakar, sistem penalaran
berbasis kasus, agen cerdas, dan jaringan syaraf tiruan). Makalah ini mengembangkan topologi baru model
KM berdasarkan jenis pengetahuan (eksploitatif dan eksploratif) dan
tipe layanan (standar dan disesuaikan). Dengan demikian, empat model KM
dikembangkan: reuser (eksploitatif/standar); stabilizer (eksploitatif/disesuaikan); explorer
(eksploratif/standari); dan innovator (eksploratif /disesuaikan). Meskipun TI
telah diakui dapat membantu KM mencapai tujuannya, penerapannya untuk fokus KM
yang berbeda belum dieksplorasi.
Komentar
Posting Komentar