[Summary #1] Impact of Information Technology on Competitive Advantage in Jordanian Commercial Banks. Accounting Information System Effectiveness as a Mediating Variable

Haaai!

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya mengenai mata kuliah Sistem Informasi di Teknik Industri Universitas Indonesia, mahasiswa setiap pekannya mendapatkan tugas untuk membaca dan melakukan review terhadap satu artikel yang memiliki kata kunci yang berbeda untuk setiap minggunya.

Pada pekan 1, mahasiswa diberikan kata kunci "competitive advantage". Artikel yang kemudian saya pilih yaitu berjudul "Impact of Information Technology on Competitive Advantage in Jordanian Commercial Banks. Accounting Information System Effectiveness as a Mediating Variable". Artikel ini dimuat dalam International Journal of Academic Research in Accounting, Finance, and Management Sciences Vol. 6, No. 3, July 2016, pp. 202-211. Artikel dapat diunduh di sini.

Secara ringkas, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Dampak Teknologi Informasi pada Keunggulan Kompetitif, dan dampak dari Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi pada Keunggulan Kompetitif di bank-bank komersial Yordania. Populasi penelitian terdiri dari para CFO (Chief Financial Officer) dan wakil-wakil mereka, manajer audit internal, manajer sistem informasi dan kepala departemen dari semua bank Yordania (n = 13) yang tercatat di Bursa Efek AmmanPara peneliti menemukan bahwa ada dampak dari Teknologi Informasi Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi pada Keunggulan Kompetitif di bank-bank komersial Yordania. Hasil penelitian ini sejalan dengan banyak penelitian yang menemukan adanya korelasi positif antara teknologi informasi modern, sarana teknis dan efektivitas sistem informasi akuntansi dalam hal pengolahan dan hasil, sehingga lebih modern teknologi yang digunakan di bank, semakin akurat dan efektif juga sistem informasi akuntansinya, yang berarti bahwa semakin efektif sebuah sistem, semakin baik juga keunggulan kompetitif yang dicapai bank-bank komersial Yordania karena sistem membantu pengambil keputusan dengan menyediakan informasi yang relevan untuk kualitas, biaya dan waktu, yang memangkas biaya, meningkatkan pendapatan, menarik lebih banyak klien, hingga meningkatkan pangsa pasarnya.


Komentar

Postingan Populer