[Summary #5] IT for KM in The Management Consulting Industry

Halohaaaa!

Pada pekan tugas ke-5 kali ini, mahasiswa diberi kata kunci "Knowledge Management in Service Industry" dan saya menemukan artikel yang cukup menarik yaitu artikel berdujul IT for KM in The Management Consulting Industry yang dipublikasikan pada Journal of Knowledge Management, Vol. 11, No. 3, 2007, pp. 145-155. Saya sertakan juga tautan bila teman-teman tertarik mempelajarinya lebih dalam, klik ini sajaaa!


Tujuan makalah ini adalah untuk menguji komponen dasar teknologi informasi (TI) yang mendukung berbagai model knowledge management (KM). Penelitian empiris ini dilakukan di industri konsultasi manajemen untuk meneliti hubungan penting yang antara TI dan KM. Berdasarkan penelitian sebelumnya, empat model pengetahuan dikembangkan untuk industri konsultasi manajemen berdasarkan tipe pengetahuan dan jenis layanan. Data yang dikumpulkan melalui sebuah survei dari 115 perusahaan konsultasi manajemen di Amerika Serikat dan Kanada, dianalisis. Terlepas dari jenis model KM yang digunakan, TI yang paling banyak digunakan oleh perusahaan konsultasi manajemen adalah teknologi yang berhubungan dengan internet (e-mail, internet, dan mesin pencari). Komponen kedua TI yang penting adalah teknologi pengelolaan data (manajemen dokumen, pergudangan data, data mining, gudang pengetahuan, dan manajemen database). Komponen ketiga TI yang penting adalah mengkolaborasikan teknologi (konferensi video, manajemen alur kerja, groupware, sistem pendukung keputusan kelompok, dan peta pengetahuan). TI yang paling penting adalah kecerdasan buatan (sistem pakar, sistem penalaran berbasis kasus, agen cerdas, dan jaringan syaraf tiruan). Makalah ini mengembangkan topologi baru model KM berdasarkan jenis pengetahuan (eksploitatif dan eksploratif) dan tipe layanan (standar dan disesuaikan). Dengan demikian, empat model KM dikembangkan: reuser (eksploitatif/standar); stabilizer (eksploitatif/disesuaikan); explorer (eksploratif/standari); dan innovator (eksploratif /disesuaikan). Meskipun TI telah diakui dapat membantu KM mencapai tujuannya, penerapannya untuk fokus KM yang berbeda belum dieksplorasi.

Komentar

Postingan Populer